FLU BURUNG

Flu Burung /Avian Influenza/H5N1 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus H5N1. Menurut sumber lain, Flu Burung adalah uatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza yang ditularkan oleh unggas yang dapat menyerang manusia. Nama lain dari penyakit ini antara lain avian influenza. Penyebaran virus ini diduga akibat migrasi burung-burung liar yang terinfeksi. Umumnya penyakit ini hanya menyerang unggas (burung,ayam,bebek,dll), tetapi pada kenyataannya penyakit ini dapat menyerang mamalia dimulai dari babi sampai manusia. Ada beberapa tipe virus influenza yaitu A,B, dan C. Pada manusia virus A dan B dapat menjadi penyebab wabah flu yang cukup luas. Sementara virus C menyebar secara periodik ,ringan dan tidak menyebabkan wabah. Pada permukaan virus A ada 2 glikoprotein, yaitu Hemaglutinin(H) dan Neuraminidase(N). Berdasar glikoprotein inilah virus tersebut diklasifikasikan.

Etiologi dan Sifat Penyakit
Etiologi penyakit ini adalah virus influenza. Adapun sifat virus ini, yaitu; dapat bertahan hidup di air sampai 4 hari pada suhu 22°C dan lebih dari 30 hari pada 0°C. Di dalam tinja atau kotoran unggas dan dalam tubuh unggas yang sakit dapat bertahan lebih lama, tetapi mati pada pemanasan 60°C selama 30 menit. Dikenal beberapa tipe Virus influenza, yaitu tipe A, tipe B dan tipe C. Virus Inluenza tipe A terdiri dari beberapa strain, yaitu; H1N 1, H3N2, H5N1, H7N7, H9N2 dan lain-lain.
Saat ini, penyebab flu burung adalah Highly Pothogenic Avian Influenza Virus, strain H5N1 (H=hemagglutinin; N= neuraminidase). Virus Inluenza A (H5N1) merupakan penyebab wabah flu burung pada unggas. Secara umum, virus Flu Burung tidak menyerang manusia.

donwload bacaan ini
Share |